Senin, 07 September 2015

Senin, September 07, 2015

Proses evakuasi Korban

Banda Aceh - Sebanyak enam warga Aceh yang menjadi korban kapal tenggelam di Bernam Selangor, Malaysia, Selasa (8/9) akan dipulangkan ke Aceh. Kepastian pemulangan jenazah ke enam korban disampaikan kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Drs Ali Alfata kepada Suara Pembaruan, pagi ini.

"Berdasarkan laporan dari tim pemerintah Aceh yang sengaja ditugaskan oleh gubernur dr. Zaini Abdullah yang terdiri dari kepala Dinas Sosial Al-Khudri, Kepala BPBA Said Rasul serta perwakilan humas yang mendata korban di sejumlah RS tempat korban ditempatkan. Enam korban ini akan dipulangkan ke Aceh pada hari ini," kata Ali.

Pemulangan jenazah korban telah disetujui oleh pemerintah Malaysia dan Wakil Duta Besar RI di Malaysia, Hermono serta Koordinator Urusan Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Dino Nurwahyudi.

Dalam pembicaraan dengan petinggi kedutaan gubernur Aceh akan memfasilitasi dan menanggung seluruh biaya pemulangan jenazah-jenazah yang berasal dari Aceh sampai ke rumah duka secepatnya setelah proses identifikasi selesai.
Untuk sementara ini, enam orang jenazah asal Aceh telah teridentifikasi dan akan dipulangkan pada Selasa (8/9) dan dibawa oleh tim Pemerintah Aceh. Para korban yang telah terindetifikasi adalah:

1. Syakila binti Zulfikar
2. Nurlaila binti Abdul Wahab
3. M. Rizal bin M. Nur
4. Zuraida binti Abdurrahman
5. Mawardi Anwar
6. Azhar bin Yusuf

Untuk pemulangan ke enam jenazah tersebut, tim Pemerintah Aceh telah mempersiapkan enam buah ambulans di Bandara Sultan Iskandar Muda. Semua jenazah akan dipulangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur- Jakarta-Banda Aceh, dan diprediksi akan tiba di Banda Aceh sekitar sore harinya.

Sementara untuk korban yang selamat asal Aceh untuk sementara ini masih ditempatkan di Kantor APMM Port Klang akan diajukan proses pengampunan yang difasilitasi oleh KBRI Kuala Lumpur dan Tim Pemerintah Aceh.


Sumber : Kabar Aceh Online
Comments
0 Comments

0 komentar: